- Posted by : Adi Mulyadi
- on : Saturday, September 18, 2021
Pelajaran ke 2
Microsoft Office
Dalam mengoperasikan sebuah komputer, kita sudah sering mendengar tentang berbagai program aplikasi untuk mempermudah pekerjaan seseorang dan salah satu program aplikasi yang sangat familiar saat ini sangatlah banyak antara lain adalah Microsoft Office merupakan aplikasi perkantoran buatan dari perusahaan Microsoft, yang anda bisa jalankan di PC atau Laptop dibawah system operasi Windows dan Mac OS X, dimana didalam paket aplikasi Microsoft Office terdapat beberapa aplikasi terkenal mulai dari Microsoft Word, Excel, Powerpoint, Outlook, visio, Publisher dan Microsoft Access. Beriku ini adalah beberapa jenis Microsoft office
Jenis-Jenis Microsoft office
Sebagai suatu program aplikasi yang paling banyak digunakan oleh banyak orang, untuk mempermudah urusan pekerjaan, microsoft office sendiri memiliki berbagai jenis.
1. Microsoft Word
Microsoft Word merupakan salah satu software Ms.Office yang paling sering digunakan pengolah dokumen seperti proposal, surat dan dokumen lainnya. Aplikasi ini dikembangkan oleh Microsoft yang terdapat dalam paket Microsoft Office. Microsoft Office ini berisi Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Publisher, Micosot Outlook, Microsoft FrontPage, Microsoft Info Path, Microsoft Visio, Microsoft Access, Microsoft Groove, Microsoft One Note.
Microsoft Word memiliki logo berupa huruf W dan dihiasi warna biru. Hasil keluarannya berupa format .docx . Aplikasi ini diterbitkan pada tahun 1983 sebagai Multi Tool Word untuk Xenix. Versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2 dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Microsoft Office 2013, namanya menjadi Word.
Fungsi Microsoft Word
Fungsi utamanya adalah sebagai software pengolah kata sehingga semua pekerjaan yang berhubungan dengan mengolah kata dapat dilakukan dengan mudah dengan bantuan aplikasi-aplikasi didalamnya seperti,
· Membuat surat
· Memasukan gambar
· Membuat tabel
· Membuat tulisan dengan berbagai variasi (word Art)
· Dan membuat dokumen
Banyak sekali kegunaan dari Microsoft Excel ini yang bisa kita gunakan , selanjutnya sesuai kebutuhan kamu ingin memanfaatkan Microsoft Excel ini untuk apa
Manfaat Microsoft word
· Adapun manfaat dari microsoft word adalah sebagai berikut:
· Memudahkan Dalam Menyelesaikan Pekerjaan
· Menghemat Waktu dalam Pekerjaan
· Menghemat Kertas dan Biaya
Beberapa Fitur Ms Word
1. Fitur View Side By Side atau Compare
Fitur ini memberikan kesempatan bagi Anda untuk membandingkan dua dokumen dalam satu tampilan layar.
Contohnya kamu ingin mencari data lain yang ingin dimasukkan dalam tulisanmu, kamu tinggal pilih menu ini pada ikon review di halaman word, sehingga tak perlu susah buka dan tutup dokumen lagi.
2. Fitur Equation Toolbar
Kalau biasanya microsoft excel lebih dipilih untuk membuat rumus yang akan digunakan dalam sebuah dokumen, sekarang Anda bisa menggunakan fitur ini.
Karena terdapat berbagai rumus baik untuk kategori kimia, matematika ataupun fisika, jadi tak perlu susah membuka aplikasi lain yang akan membuang-buang waktu saja.
3. Fitur Quick Style
Merupakan fitur untuk mengganti jenis tulisan dalam halaman word, biasanya digunakan pada tulisan-tulisan tertentu untuk kebutuhan penulis atau pembuatan buku.
Untuk mempermudah kamu menemukannya kembali saat dibutuhkan, ada fasilitas penyimpanan style sehingga kamu tak perlu susah mencari jenis tulisan favoritmu lagi.
4. Fitur Replace
Daripada harus melakukan perombakan yang memakan waktu, Anda bisa menggunakan fitur replace untuk mengganti tulisan yang salah.
Cara cepatnya adalah dengann menekan tombol control+H, lalu masukkan kata awal yang sudah kamu tulis pada box bagian atas, dan kata baru yang akan menggantikannya.
5. Fitur Pin
Buat Anda yang mungkin suka lupa, ada baiknya menggunakan fitur ini untuk menandakan mana saja dokumen penting yang harus digunakan.
Caranya sangat mudah, yaitu setelah selesai membuat dokumen di halaman word dan menyimpannya, kemudian Anda bisa mengambil menu ini dan meletakkan pin pada bagian judul dokumen, sehingga akan jadi prioritas saat dibutuhkan.
6. Fitur Auto Text
Jika Anda ingin memakai kembali sebuah kata pada suatu kalimat untuk kalimat berikutnya, tanpa harus mengetik lagi Anda bisa menggunakan fitur ini.
Caranya cukup melakukan blok pada kata atau kalimat yang ingin diulang, kemudian tekan control+C dan letakkan cursor pada lokasi baru kata tersebut dan tekan control+V.
7. Fitur Translate
Untuk tulisan yang menggunakan beberapa bahasa asing Anda bisa menggunakan fitur ini.
Cukup melakukan blok pada kata yang ingin diganti menjadi bahasa lain, lalu pilih menu review dan translate dan tentukan alih bahasa yang dipilih.
“Untuk Materi Selanjutnya kita akan belajar melalui praktek”