- Posted by : Adi Mulyadi
- on : Saturday, November 04, 2023
A.
Pengenalan
Menu References Pada Microsoft Word
Setiap menu yang ada di Microsoft Word
memiliki submenu atau Ribbon Group, yang berisi beberapa ikon perintah.. Menu
References berisi beragam opsi mengenai fitur daftar isi paragraf, bibliografi,
serta sitase dari isi teks dokumen.
B. Fungsi menu References pada Microsoft Word
Menu bar yang satu ini memungkinkan
untuk menangani daftar isi, catatan kaki, bibliografi, indeks, dan
perintah-perintah yang sejenis. Berikut ini ragam menu atau ikon perintah yang
terdapat pada menu References:
Table
of Contents: Ribbon Group yang berfungsi untuk membuat daftar isi dari garis
besar isi dokumen.
· Table of Contents – Ikon perintah yang digunakan
untuk membuat tabel daftar isi pada dokumen, secara otomatis maupun manual.
· Add Text –Ikon perintah untuk menambahkan heading baru pada daftar isi.
Footnotes:
Merupakan perintah yang berisi sekumpulan fungsi untuk membuat catatan kaki
pada margin bawah dokumen.
· Insert Footnote – Perintah ini merupakan ikon yang
digunakan untuk menyisipkan catatan kaki pada margin bagian bawah suatu
dokumen.
· Insert Endnote – Perintah ini merupakan ikon yang
digunakan untuk menambahkan kutipan, sumber, serta nama penulis untuk di akhir
bab atau halaman.
· Next Footnote – Perintah ini merupakan ikon yang
digunakan untuk berpindah ke footnote terbaru.
· Show Notes – Perintah ini merupakan ikon yang
digunakan untuk menampilkan lokasi catatan footnote maupun endnote.
Research:
Perintah yang berfungsi untuk mencari definisi, gambar serta informasi dari
teks yang telah dipilih dari sumber internet atau secara online.
·
Search/ Smart Lookup –
Perintah yang satu ini berada pada menu reference dan ribbon research,
merupakan perintah yang berfungsi untuk mencari informasi dari teks dokumen
melalui sumber online.
Citations
and Bibliography: Perintah pada menu reference yang berfungsi untuk membuat
kutipan, sumber dan Bibliography dari dokumen yang dikerjakan.
· Insert Citation – Ikon perintah yang berfungsi
untuk menyisipkan kutipan pada bagian teks yang dipilih.
· Manage Sources – Ikon perintah yang berfungsi
untuk mengelola bagian sumber kutipan pada dokumen yang dikerjakan.
· Style – Ikon perintah yang berfungsi untuk memilih gaya daftar pustaka
yang diinginkan.
· Bibliography – Ikon perintah yang berfungsi
untuk menyisipkan daftar pustaka ke dokumen yang dikerjakan.
Captions:
Perintah yang berfungsi untuk membuat pemformatan judul dan sub judul.
· Insert Captions – Perintah yang berfungsi untuk
menambahkan keterangan pada gambar pada dokumen.
· Insert Table of Figures – Perintah untuk menambahkan tabel
daftar bab sesuai format penulisan.
· Update Table – Perintah yang berfungsi untuk
memperbarui daftar isi maupun kutipan yang telah di buat.
· Cross-reference – Perintah yang berfungsi untuk
memindahkan referensi ke bagian halaman lain yang dikehendaki.
Index:
Perintah yang berfungsi untuk mencantumkan istilah atau indeks dalam dokumen
berupa daftar kata penting, umumnya tercantum setelah daftar rujukan sebelum
lampiran, atau biasanya terletak pada halaman akhir buku.
· Mak Entry – Perintah untuk menandai masukan baru ke dalam dokumen.
· Insert Indeks – Perintah untuk menyisipkan indeks
atau daftar kata ke dalam dokumen.
· Update Index – Perintah untuk melakukan
pembaruan pada daftar kutipan yang sudah ada.
Table
of Authorities: Berfungsi untuk membuat suatu tabel otoritas.
· Mark Citation – Perintah untuk menandai kutipan
yang telah diseleksi ke dalam table of authorities.
· Insert Table of Authorities –Perintah untuk menyisipkan table
of authorities atau daftar kutipan.
· Update Table – Perintah untuk melakukan
pembaruan daftar kutipan yang telah ada.